Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini

Dulu, peran Ayah dalam keluarga diidentikkan dengan pencari nafkah. Urusan dapur dan pengasuhan anak-anak menjadi tanggung jawab Ibu. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak seringkali disebut hanya sebagai pendukung Ibu. Apakah anggapan ini masih dapat dibenarkan ya?!

 

Pengasuhan anak adalah isu yang sangat dekat dengan kehidupan orangtua. Pengasuhan adalah proses interaksi secara intens antara anak dan orang dewasa di sekitarnya yang mana didalamnya terdapat proses mendidik, mengajarkan karakter, mengajarkan kontrol diri, dan membentuk tingkah laku sesuai yang diharapkan. Secara garis besar, pengasuhan yang baik adalah ketika orangtua mampu bersikap responsif terhadap kebutuhan anak. Dalam konteks pengasuhan, baik Ayah maupun Ibu pada dasarnya memiliki kesempatan dan kemampuan yang sama terhadap tumbuh kembang anak.

 

Beragam penelitian telah membuktikan bahwa anak dengan kehadiran dan keterlibatan ayah didalam pengasuhannya, memiliki berbagai dampak positif dalam tumbuh kembangnya. Tidak hanya dari segi kesehatan fisik, tetapi anak-anak itu juga memiliki kecerdasan, kontrol emosi, serta keterampilan sosial yang lebih baik. Selain itu, Ayah yang terlibat dalam pengasuhan anak tidak hanya memberi dampak positif pada anak itu sendiri, namun juga pada pasangan serta keluarga secara keseluruhan loo… Dikutip dari www.plan-international.or.id menyebutkan bahwa data survei rumah tangga dari banyak negara menyoroti pola dimana pria yang telah menyaksikan ayah mereka secara aktif terlibat dalam pekerjaan rumah tangga dan pengasuhan, saat tumbuh dewasa cenderung melakukan hal yang sama seperti ayah mereka dulu. Hal ini berarti memulai siklus hubungan dengan pasangan dan pengasuhan yang sehat. Para ibu yang merasa didukung oleh ayah dari anak-anaknya akan mengurangi stres dalam pengasuhan dan merasa tidak terlalu terbebani; mereka menjadi orang tua yang lebih positif dan memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi, lo!

 

Terlepas dari berbagai hasil penelitian yang meyakinkan tentang Ayah yang terlibat aktif dalam pengasuhan anak, peran Ayah dalam pengasuhan memang belum sepenuhnya disadari oleh berbagai pihak dan memunculkan tantangan tersendiri. Taraban (2018) seperti dikutip dari www.uc.ac.id menyebutkan beberapa hal yang menjadi tantangan bagi para Ayah untuk terlibat secara aktif dalam pengasuhan dan perawatan anak, yaitu karakteristik Ayah, karakteristik anak, serta dukungan sosial yang diterima Ayah.

 

Karakteristik Ayah mengacu pada kepribadian, kondisi mental, dan pengalaman masa lalu Ayah. Seorang Ayah yang dulu tumbuh dalam pengasuhan keluarga tradisional misalnya (Ibu sebagai pengasuh anak dan Ayah sebagai pencari nafkah), maka ia akan cenderung menjadi sosok Ayah sebagaimana ia pelajari dari keluarganya aslinya.

 

Karakteristik Anak berdampak pada respon stres orangtua. Anak yang temperamental cenderung akan membuat orangtua (Ayah) memiliki resiko stres yag lebih tinggi dalam pengasuhan, sehingga berdampak pada keinginan Ayah untuk telribat dalam pengasuhan.

Dukungan sosial terpenting yang dibutuhkan Ayah dalam pengasuhan adalah dukungan dari istri. Sehingga, relasi pernikahan yang sehat dan positif menjadi poin penting bagi Ayah untuk mau terlibat dalam pengasuhan anak. Salah satu bentuk dukungan bagi Ayah dari istri adalah kesempatan yang diberikan istri pada Ayah untuk dapat terlibat dalam pengasuhan ya…. Biarkan Ayah merasakan proses belajar untuk mengasuh dan merawat anak, Bunda. Hal ini sekaligus dapat meningkatkan kelekatan antara anak dan Ayah.

 

Meski tantangan diatas dihadapi para Ayah dalam proses pengasuhan anak, tapi yakinlah bahwa mengasuh anak is a teamwork. From the start. Tidak ada orangtua yang sempurna. Tapi setiap kesempurnaan membutuhkan KEMAUAN sebagai modal dasar. Jadi, yuk tunggu apalagi, Ayah dan Bunda!

 

 

Penulis :

Desy Mega A, M.Psi.

Penata KKB Ahli Muda

Perwakilan BKKBN Jatim

Untuk siapbahagia.com

 

Sumber referensi :

BKKBN. (2013). Buku 1 Menjadi Orang Tua Hebat dalam Pengasuhan.

https://www.uc.ac.id/marriageandfamily/keterlibatan-ayah-dalam-pengasuhan-anak/

https://plan-international.or.id/id/pentingnya-peran-ayah-dalam-pengasuhan/

Desy Mega A, M.Psi / 2023-04-04

JUMLAH PENGUNJUNG
Lihat Detail

Setahun Terakhir
Total Klik
Total Pengguna
Total Kab/Kota
Total IP Public
Sebulan Terakhir
Total Klik
Total Pengguna
Total Kab/Kota
Total IP Public
Seminggu Terakhir
Total Klik
Total Pengguna
Total Kab/Kota
Total IP Public
Sehari Terakhir
Total Klik
Total Pengguna
Total Kab/Kota
Total IP Public

SURVEY KEPUASAN
Isi Feedback/Survey

Jumlah Survey
Rating

PERFORMANCE

response time
memory used
© Copyright BKKBN Jatim 2024
Jl. Airlangga No.31-33, Airlangga, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60286
Email
prov.jatim@bkkbn.go.id
Telp
031-5022331
Home
https://jatim.bkkbn.go.id
Jam Pelayanan
08:00 s.d 16:00 WIB